Friday, November 15, 2013

Grindal Worm - Pakan Ikan Anda


Karakteristik Grindal Worm

Kakteristik fisik : Grindal worm berukuran antara 0.8cm-1.5cm dengan diameter seukuran rambut manusia.  Nutrisi yang terkandung dalam Grindal Worm :•Protein: 70%•Fat: 14.5%•Minerals: 5.5%•Carbohydrates: 10%

grindal worm setelah panen

Media hidup Grindal Worm

Di alam grindal worm hidup di media yang porous dengan kelembaban tinggi. Untuk kulturnya harus di siasati media yg porous dan lembab seperti kompos, cocopeat, tanah gembur, semua media harus steril sehingga tidak mengganggu pertumbuhan grindal worm.

Cara Kultur Grindal Worm :

Sebelum memulai kultur siapkan terlebih dahulu hal-hal di bewah ini 
1. Stater Grindal Worm 
2. Wadah plastik pipih dan lebar bertutup. beri lubang pada tutupnya untuk sirkulasi udara, lapisi denga jaring agar lalat/lalat buah tidak masuk
3. media : bisa berupa cocopeat atau kompos
4. pakan berupa oat meal atau pelet kucing, bisa juga roti kering atau gandum
5. hand sprayer, lembaran plastik dan pipet atau sendok

Pra Kultur 

Pindahkan stater ke wadah yg lebih besar, 

seblumnya isi wadah dengan media cocopeat  yg sudah lembab atau di basahi air, jgn berlebihan airnya (jgn sampai becek/berair) pakai hand sprayer. 

cocopeat
contoh cocopeat yg sudah di lembabkan

Setelah media siap, pindahkan stater letakan di bawah baru secara merata di atas media. Beri pakan (sy biasa pakai oatmeal karena relatif lebih cepat pertumbuhannya), cara pemberian oatmeal bisa dgn cara di tabur sedkit di beberapa titik lalu semprot oat meal dengan air sampai basah (agar mudah di cerna) atau dengan cara lain yaitu oatmeal beri sdikit air kemudian aduk sampai kental lalu buat bola kecil seukurang jagung lalu tebar di beberap titik untuk awal maks 3 titik. 

pakan untuk grindal worm
adonan oat meal

contoh pra kultur
Pemberian pakan jgn berlebihan usahakan habis tiap hari, kalo ada yg sisa sebaiknya di buang khawatirnya busuk dan menghambat pertumbuhan GW. Beri pakan tiap hari. Letakan lembaran plastik atau kaca tipis di atas media (liha gambar), ini untuk memancing grindal worm naik ke lembaran plastik tsb. Utk mengambil cacing GW, angkat lembaran plastik / cara lalu semprot dengan air menggunakan hand sprayer.
Lembaran plastik di atas media
sumber : www.killi.co.uk/grindalworms


Kultur Perbanyakan / Duplikasi

Setelah beberapa hari  (3-5hr) biasanya / normalnya sudah banyak yg merayap ke lembaran plastik, ambil cacing GW dengan cara menyemprot dgn air dan tampung di wadah, buang airnya sisakan sedikit, lihat gambar di bawah. Lalu Siapkan media yg sudah di lembabkan dan di tempatkan di sebuah wadah yg besar dan lebar. Buat lubang pada tutupnya untuk udara masuk, usahakan lalat tidak bisa masuk (bisa gunakan jaring halus)

grindal wor, yang sudah di semprot air dan di tampung

Selanjutnya ambil oatmeal yg sudah di buat adonan kental dan berbentuk bola2 kecil lalu letakan di atas media kultur. Ambil cacing GW yg sudah disiapkan di wadah terpisah dengan menggunakan sendok atau pipet, lalu tuang di atas oatmeal, lihat gambar di bawah.


Grindal Worm

Tuang di atas oat meal
Buat beberapa titik lalu tutup wadah dan simpan di tempat yg gelap atau tidak terkena sinar matahari. Hati2 dengan semut ya, semut musuh utama GW. 

Lembaran Plastik di atas media grindal worm

Wadah yg sudah di lubangi dan di beri jaring halus


Contoh perkembangan Grindal Worm setelah 1 minggu 






Contoh Cocoon / Telur Grindal Worm 



6 comments:

  1. Replies
    1. Microworms lebih kecil sangar kecil bahkan , sam media kulturnya juga beda

      Delete
  2. Selain oatmeal,bisa gak dikasih pellet untuk pakannya om...

    ReplyDelete
  3. bagai mana untuk mendapatkan starter grindal worm?

    ReplyDelete